ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang
ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang

Sistem Perkuliahan

 

 
SISTEM PERKULIAHAN 

 

 

Campus tour



Mahasiswa akan mendapat kesempatan melakukan CAMPUS TOUR pada hari pertama atau hari kedua, setelah penerimaan mahasiswa oleh Rektorat dan pengelola ACICIS UMM. Mahasiswa akan diantarkan dan dipandu mengenali perpustakaan pusat, lingkungan kampus dan fasilitas kampus lainnya.

  

Ospek and Graduation Day


Mahasiswa diharapkan untuk mengikuti acara Upacara Ospek (untuk mahasiswa semester ganjil), atau Wisuda Sarjana (Graduation Day) untuk mahasiswa semester Genap dengan memakai baju almamater (university uniform) yang disediakan oleh UMM.

 

Perkuliahan di kelas


Di awal semester sebelum mahasiswa melakukan studi lapangan, terlebih dahulu diberikan perkuliahan yang dilakukan dalam kelas selama 2 minggu, dengan materi sebagai berikut :

1. Bahasa dan Kebudayaan Indonesia
2. Seputar Malang Raya (Budaya dan Kehidupan sosial masyarakat Malang Raya),
3. Desain dan Proses Penelitian, 
4. Etika Penelitian, 
5. Teknik Pengumpulan Data,
6. Teorisasi Penelitian & Analisa data, serta
7. Penulisan Laporan akhir

 

Bimbingan Studi Lapangan

Pelaksanaan bimbingan studi lapangan untuk Research Project, diatur dalam beberapa ketentuan sebagai berikut :

  • Yang dimaksud dengan Research Project dalam hal ini adalah karya ilmiah penelitian pribadi di lapangan pada program ACICIS – FISIP – UMM sesuai bidang yang diminati mahasiswa. Mahasiswa harus aktif menghubungi dosen pembimbing untuk meminta nasehat, koreksi bahasa dan memperdalam isi penelitian.
  • Selama menjalankan studi lapangan setiap mahasiswa akan dibimbing oleh satu orang dosen berdasarkan tema penelitian mahasiswa dan keahlian / spesifikasi keilmuan dosen yang bersangkutan. Alamat dan nomor telepon dosen pembimbing harus dimiliki mahasiswa untuk memudahkan komunikasi.
  • Proses bimbingan dimulai sejak awal sampai dengan akhir semester, yaitu melalui tatap muka antara dosen pembimbing dengan mahasiswa (minimal 5 kali pertemuan). Jadwal dan record bimbingan harus diisi mahasiswa dan dosen.

  

Laporan Studi Lapangan


Pada akhir proses bimbingan, laporan studi lapangan harus mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing untuk seminar akhir.

  1. Laporan ditulis dalam bahasa Indonesia.
  2. Pada akhir semester mahasiswa menyetorkan laporan sebanyak 2 (dua) eksemplar, yang disertai dengan CD dan abstraksinya (compulsory). Laporan diserahkan ke kantor ACICIS yang terletak di lantai IV GKB I UMM Ruang 417.
Shared: