ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang
ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang

Deskripsi

 

 

 

 

 

 

 

ACICIS (Australian Consortium For In Country Indonesian Studies)   merupakan sebuah konsorsium yang terdiri dari 25 universitas terkemuka di Australia, Selandia Baru, Inggris, Belanda, dan Kanada yang memiliki program studi mengenai Indonesia (Indonesian Studies).

          ACICIS didirikan pada tahun 1993 ketika Universitas Murdoch memperoleh dukungan dari Australian Department of Employment, Education and Training (DEET) untuk mendirikan sebuah konsorsium nasional yang berkoordinasi dengan program pendidikan selama 1 semester di universitas di Indonesia  untuk tingkat Sarjana Strata 1 yang dimulai pada bulan September tahun 1995.

 Tujuan dari program ACICIS adalah untuk menyediakan pilihan yang lebih luas bagi para mahasiswa Australia penempuh program studi tentang Indonesia dengan cara mengkoordinasikan aksesnya ke dalam semester regular atau setara dengan kursus yang berlaku di universitas di Indonesia dan membantu mencari dukungan jaringan pendukung lainnya bagi mahasiswa tersebut selama di Indonesia. Kursus tersebut menjadi diakreditkan dan didanai melalui universitas asal sebagai bagian dari program S-1 di universitas asal yang menerima studi di Indonesia sebagai bagian integral dari konsentrasi yang diambil.

Manajemen Study Indonesia Program ACICIS di UMM secara terstruktur dibagi tiga, Pertama Pusat ACICIS di Murdoch University Australia (www.acicis.murdoch.edu.au) dibantu oleh sebuah kantor cabang di Yogyakarta yang dikoordinasi oleh seorang Resident Director. Sedangkan, di UMM organisasi ACICIS berada dibawah koordinasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yang diketuai oleh seorang Ketua Program ACICIS.

 Selama di UMM, mahasiswa ACICIS harus memenuhi syarat sebagaimana ketentuan, yakni melakukan pendaftaran dan mengikuti masa perkenalan studi (study orientation). Teknik pandaftaran dan orientasi studi dilakukan secara khusus dan bersama sesuai ketentuan yang disepakati bersama antara pengelola UMM dan Resident Director. Selama satu semester, mahasiswa akan mendapatkan bimbingan agar dapat melakukan diskusi mengenai topik yang akan diteliti, dan melakukan riset mengenai berbagai hal terutama masalah linguistik, agama dan kebudayaan, fenomena sosial ekonomi, masalah situs sejarah dan identitas lokal masyarakat di Jawa Timur dan Malang khususnya.

Sesuai kesepakatan bersama, kerjasama ini dijalankan dalam bentuk Research Project mengenai fenomena sosial, budaya, agama, yang dilaksanakan selama 1 (satu) semester atau 6 (enam) bulan di Indonesia untuk setiap angkatan. Sampai dengan semester Ganjil tahun akademik 2015/2016 ACICIS di UMM memasuki Angkatan ke 41 dengan jumlah mahasiswa 3 orang.

Shared: