ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang
ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang

Seminar Akhir Laporan Penelitian Mahasiswa ACICIS UMM-30

Author : Administrator | Senin, 09 Agustus 2010 06:39 WIB

Setelah selama 1 semester melakukan penelitian di Indonesia melalui Universitas Muhammadiyah akhirnya mahasiswa ACICIS Angkatan-30 mempresentasikan hasil penelitiannya pada 15 Juni 2010 di Ruang Seminar Rektor UMM. Dengan berbekal informasi serta data yang mereka dapatkan selama penelitiannya, masing-masing mahasiswa mempresentasikan hasil kerjanya dihadapan para civitas akademik (dosen dan mahasiswa) UMM.



Presentasi Field Work dimulai oleh Madison Richardson, mahasiswa asal Amerika Serikat ini meneliti tentang SRI (System Rice Intensification) di Jawa Timur terutama daerah Malang Raya. Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Brooke Nolan yang meneliti tentang para nelayan yang tinggal di daerah perbatasan antara Perairan Indonesia-Australia, presentasi Brooke berinti pada kondisi para nelayan tradisional yang sering tertangkap oleh pihak Australia karena berlayar melebihi batas kelautan kedua negara. Selanjutnya Tom melanjutkan seminar akhir dengan presentasinya mengenai Novel Durga/Umayi karya Romo Mangunwijaya yang tanpa disangka-sangka novel tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat baik di negara Tom (Britani Raya). Presentsi selanjutnya yang semakin menarik dipresentasikan oleh Benita Chudleigh yang mengambil tema tentang kurikulum pesantren di Jawa. Di pembukaan presentasinya Benita menyatakan kegagetannya akan kondisi pesantren di Jawa timur yang ternyata sama sekali tidak seperti yang dipikirkan sebelumnya. Pesantren di jawa timur saat ini bukan hanya memiliki kurikulum modern dengan pelajaran sains serta bahasa inggris namun juga kondisi para santri yang tidak terlalu "konvensional" seperti yang selama ini dikira. Sebagai penutup presentasi terakhir adalah presentasi tentang "pencurian Reog Ponorogo Indonesia oleh Malaisya" oleh Lisa Mapson. Lisa mempresentasikan hasil penelitiannya dengan sangat atraktif dilengkapi dengan kostum reog ponorogo dan kuda lumping.
Secara keseluruhan, presentasi akhir angkatan 30 ini sangat memuaskan, tidak hanya mahasiswanya sangat siap dengan topik dan tema yang dibawakan, namun respon dan tanggapan dari para penonton juga sangat banyak.  Menutup seminar akhir, Ketua Program ACICIS UMM, Prof. M. Mas'ud Said, Ph.D mengungkapkan bahwa hal ini tentu saja tidak dapat dicapai tanpa para dosen pembimbing dan pengajar serta staff ACICIS UMM yang sangat mendukung sepanjang semester 30 mahasiswa ACICIS di UMM. Semoga kesuksesan ini dapat diikuti dengan kesuksesan berikutnya yang diharapkan bisa lebih baik dari yang sebelumnya.
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image