ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang
ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang

Sampai jumpa Tanjung Papuma, sampai jumpa Jember!

Author : Administrator | Kamis, 29 Oktober 2015 12:12 WIB

 

Jember kota tembakau, itulah istilah yang sering kami dengar tentang Jember. Kami tiba di Jember pagi hari ketika matahari belum terbit, jalanan masih sepi. Mobil kami menyusuri Jember menuju Kecamatan Kalisat yang ternyata berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Jember. Cukup penat memang, tapi kami bersemangat demi Sally. Mahasiswa asal Charles Darwin University tersebut meneliti tentang regulasi pemerintah mengenai rokok, Sally pun ingin merasakan bertani tembakau. Kami mendampingi Sally mencari tempat tinggal di Kalisat.

Ketika memasuki Kecamatan Kalisat, di kanan kiri terlihat tanaman tembakau. Terdapat daun – daun tembakau yang dijemur di jemuran terbuat dari kayu. Ada pula daun tembakau kering dibawa di atas sepeda motor, hendak diserahkan ke gudang tembakau. Kami tiba di rumah yang akan Sally tinggali, tuan rumah menyambut kami dengan ramah. Pak Bambang adalah guru yang juga seorang petani tembakau di Jember.


Batu karang di Pantai Tanjung Papuma

Usai berbincang dengan tuan rumah, kami mengajak Sally untuk merasakan suasana Pantai Tanjung Papuma. Indah sekali pantai dan lautnya! Saat tiba disana laut masih surut, sehingga kami dapat melihat batu karang di pinggir laut. Kami lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di pasir pantai menikmati indahnya laut sembari mengobrol. Tentu saja momen seperti ini tidak kami lewatkan untuk diabadikan di kamera handphone. Beberapa pengunjung mengajak berkenalan dan berfoto dengan Sally. Mereka bangga karena warga asing mengunjungi wisata lokal.


Batu karang menjulang tinggi di tengah laut

Deburan ombak semakin kencang menandakan kami harus segera kembali pulang ke Malang sekaligus mengantar Sally ke Kalisat. Mobil melaju cukup kencang menembus gelapnya malam Jember. Sampai jumpa Tanjung Papuma, sampai jumpa Jember! (Rani/ACICIS UMM)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image