ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang
ACICIS
Universitas Muhammadiyah Malang

Berburu Ikan Segar di Sendang Biru

Author : Administrator | Selasa, 27 Oktober 2015 11:32 WIB

Sendang Biru. Jika terdengar kata itu apa yang terlintas di benak kamu? Pantai dan Pulau Sempu. Saya rasa itu jawaban yang paling umum. Sendang Biru yang merupakan nama dusun terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Pantai Sendang Biru adalah salah satu pantai yang sering dikunjungi di kawasan tersebut, terutama karena daya tarik Pulau Sempu. Kami pun mengunjungi Pantai Sendang Biru, tujuan utama kami memang bukan berwisata.


Janelle akan meneliti Pariwisata Berkelanjutan Sendang Biru

Janelle, mahasiswa ACICIS UMM asal University of Sunshine Coast, tertarik melakukan riset lapangan bertema pariwisata berkelanjutan di kawasan Sendang Biru. Kami mendampingi beliau untuk mendapatkan tempat tinggal selama di Sendang Biru. Tiba di Sendang Biru kami merasa lapar, memang waktu makan siang telah tiba. Pak Habib, salah satu dosen, menyarankan untuk mencoba menu ikan segar bakar khas Sendang Biru. Syahman, part timer ACICIS UMM, memacu laju mobil menuju tempat pelelangan ikan (TPI) Pantai Sendang Biru. Selain menikmati makan siang ikan segar bakar, kami pun dapat berburu ikan segar dan cumi – cumi yang mudah didapat di TPI.


Salah satu penjual ikan tuna


Deretan ikan tuna segar


Sotong segar yang kami temui

Menu Makan Siang

Kami memutuskan untuk membeli ikan terlebih dahulu sebelum makan. Kami menelusuri TPI menimbang hendak membeli ikan jenis apa, para penjual ikan dan pembeli lain menoleh ke arah kami. Mungkin mereka heran melihat 2 wanita asing berjalan di tengah ikan segar berbau amis. Kami pun memutuskan untuk memborong ikan tuna yang memang banyak ditemukan disana. Tidak tanggung tanggung, masing masing dari kami memborong ikan dan cumi – cumi hingga 6 kilogram. Luar biasa!



Bersama Mahasiswa UMM yang Kami Temui di TPI Sendang Biru

Bersama Tuan Rumah

Bersama Tuan Rumah

Saat sedang berbincang di TPI, kami bertemu dengan mahasiswa UMM yang memiliki rekomendasi tempat tinggal untuk Janelle. Sungguh suatu kebetulan luar biasa! Kami pun pergi menuju rumah tersebut usai menikmati ikan tuna bakar yang luar biasa lezat. Tuan rumah menerima kami dengan ramah, kami pun berbincang mengenai penelitian Janelle. Mereka mengantar kami menuju rumah untuk Janelle tinggal. Kami dan Janelle merasa bahagia mendapatkan tempat tinggal. Janelle kembali ke Kota Malang bersama kami, dia akan tinggal di Sendang Biru setelah menyelesaikan proposal penelitian. (Rani/ACICIS UMM)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image